Selasa, 05 April 2011

Hukum Taurat di dalam Kitab Mazmur dan Kitab Amsal Salomo


Kitab Mazmur dan Amsal merupakan karya kesusastraan yang merupakan kitab- kitab pujangga serta dalam perjanjian Lama disebutkan kitab- kitab hikmat.
Kita dapat melihat tugas pujangga bukanlah membentangkan suatu ilmu pengetahuan secara teknis , modern, tetapi tugas mereka adalah mengajarkan hikmat hidup. Mereka mengajar berbagai lapisan dengan memberikan teguran, peringatan, dan nasehat positif. Mereka memberikan pengajaran dalam hubungan keluarga, perkawinan, panggilan dan pekerjaan, tentang sikap hidup dan kelakuan hidup.
Titik pangkal kitab amsal adalah bahwa Tuhan telah menyatakan diri sebagai Tuhan yang beranugerah dan berkasih. Selanjutnya ia memberitahukan dasar dari takut akan Tuhan adalah memberikan hati kepada Tuhan (amsal 23:26a). hal yang yang diajarkan adalah tunduk kepada kebijaksanaan dan kemurahan disiplin perintah- perintah Tuhan.
Di dalam kitab Mazmur pun Hukum Taurat atau undang – undang Tuhan itu mendapat tempatnya dalam mazmur 1, 19 dan 119. Mazmur ini tidak menyebutkan sumber hidup hanya mengatakan tentang norma sebagai pedoman hidup baru. Di dalam penerangan Taurat Tuhan sebuah pernyataan untuk berbakti kepada Tuhan dengan tiada berdosa. Dari mazmur dan Amsal digambarkan hukum taurat Tuhan menjelma menjadi perintah dan praktik hidup.

Tidak ada komentar: