Sabtu, 07 Mei 2011

Memahami dan mengatasi Penyalahgunaan Narkoba pada remaja 2

B. Narkoba
Penggunaan alkohol dan obat-obatan terlarang akhir-akhir ini sudah sangat memprihatinkan. Walaupun usaha untuk menghentikan sudah digalakkan tetapi kasus-kasus penggunaan narkoba ini sepertinya tidak berkurang. Ada kekhasan mengapa remaja menggunakan narkoba/ napza yang kemungkinan alasan mereka menggunakan berbeda dengan alasan yang terjadi pada orang dewasa. Beberapa alasan remaja menyalahgunakan narkoba, anrata lain :
1. Kepribadian yang belum matang
Remaja merupakan masa memasuki masa pencarian dan pembentukan identitas diri karrena belum mencapai kematangan. Kurangnya mengontrol emosi dan perilaku sehingga masih mudah untuk terjerumus masalah ini.
2. Keturunan
Faktor keturunan yang mempengaruhi pembawaan sifat- sifat fisik, maupun psikis sehingga mempengaruhi karateristik, kebiasaan dan kepribadian seseorang.
3. Kondisi kehidupan keluarga yang tidak stabil ( tidak harmonis )
Pembentukan dan pengembangan kepribadian remaja di pengaruh oleh keadaan orang tuanya ( harmonis atau tidak).
4. Kuatnya sindikat jaringan peredaran narkoba.

Pembedaan dari pengertian di bawah ini
a. Pengguna Obat ( drug user) : mereka menggunakan obat – obatan atau alcohol dengan tujuan memperoleh kesenangan, relaksasi, melepaskan kepenatan atau mengatasi rasa strees san cemas dalam hidupnya. Jadi mereka bukan pengguna tetapi menggunakan obat- obatan atau alcohol pada saat menghadapi masalah dalam hidupnya, tetapi dalam keseharian tidak menggunakannya. Jadi hanya sarana pelarian saja saat menghadapi masalh hidup.
b. Penylah guna obat ( drug abuser) : mereka ini memang punya masalah dengan obat- obatan atau alcohol secara fisik, mental, emosi maupun spiritual. Mereka menggunakan 2-3 hari sekali. Dalam kehidupan mereka pada umumnya diwarnai dengan rasa cemas, frustasi, marah, bingung, malu, meresa bersalah, kekerasan emosional maupun fisik, tindakan kasar terhadap anggota keluarga yang lain
c. Ketergantungan obat/ alcohol. Jadi mereka menggagap ketergantungan obat adalah gangguan atau penyakit individu yang

Tidak ada komentar: