Jumat, 08 Maret 2013

Belajar, manfaat dan modul singkat dalam bermusik



 Belajar musik – entah itu memainkan instrumen dari drums, gitar, bass atau piano ataupun menyanyi - adalah proses seumur hidup. Namun anda tidak akan pernah menyesal melakukannya.
Musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang. Definisi sejati tentang musik juga bermacam-macam:  Bunyi/kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indera pendengar Suatu karya seni dengan segenap unsur pokok dan pendukungnya. Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik  Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali.  Musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.
Mengapa?
1. Bermusik meningkatkan kecerdasan anda.
2. Belajar musik mengajarkan disiplin.
3. Memainkan Alat Musik Mengusir Rasa Stres
4. Bemusik menciptakan Kebanggaan dalam Berprestasi
5. Bermusik itu Menyenangkan  

Salah satu manfaat belajar musik yaitu dapat menyeimbangkan perkembangan otak kiri dan kanan. Pada umumnya otak kiri berkembang lebih pesat dari otak kanan disebabkan karena hampir semua sistem pendidikan di Indonesia saat ini berorientasi pada otak kiri yang berfungsi menganalisis segala sesuatunya dengan cara matematis dan logis. Hal tersebut menyebabkan kreativitas, intuisi dan imajinasi diabaikan sejak masih dalam usia begitu muda. Kondisi ini melahirkan generasi yang intelek namun tidak kreatif, unik, apalagi orisinil.

Penelitian yang dilakukan para ahli menunjukkan bahwa manfaat belajar main musik dapat menjembatani otak kiri dan otak kanan sehingga secara keseluruhan berfungsi secara optimal.

Musik sebagai terapi manfaatnya :
1. Memberi kesempatan untuk relaksasi, berekspresi dan eksplorasi
2. Memperkenalkan stimulasi dasar pada anak yang mengalami gangguan perkembangan
3. Berlatih dan belajar tentang kewaspadaan/kesadaran pada kenyataan dunia dengan cara melatih perhatiannya.
4. Membangun rasa saling percaya antara anak, guru, terapisnya yang pada gilirannya nanti bisa meluas dan mampu bersosialisasi dengan baik tanpa harus rendah diri.



Jadi ini modul musik yang anda bisa pelajari secara singkat download
semoga bermanfaat dan sukses dalam bermusik yaaa..........

Tidak ada komentar: