Kamis, 02 September 2010

Worship Chord Progression II














C Model-Model Chord Progression

Mood suasana atau nuansa dapat digagas dengan penggunaan jenis-jenis chord progression tertentu. Dalam penyembahan berjemaat, pengenalan akan jenis jenis chord progression yang tepat/sesuai dengan nuansa/tema (flow) ikut menentukan fluktuasi urapan yang bekerja.

Beberapa contoh-contoh chord progression dan jenis nuansa dalam penyembahan berjemaat:

a. Pedal Point Chord Progression (Meditation/Conditioning)

Mayor:
1. ||: C . . . | F/C . . . | C . . . | F/C . . . :||
2. ||: C . . . | G/C . . . | F/C . . . | F/C . . . :||
3. ||: C . . . | G/C . . . |F/C . . . | . . . (G/C):||
4. ||: C . . . | Fm6/C . . . | C . . . | Fm6/C . . . :||
5. ||: Fm6/C . . . | C . . . |Fm6/C . . . | C . . . :||
6. ||: C . . . | Bb/C . . . | F/C . . . | Ab/C . Bb/C . :||

Minor:
1. ||: Am . . . | Dm/A . . . | Am . . . | Dm/A . . . :||
2. ||: Am . . . | F/A . . . | Am . . . | F/A . . . :||
3. ||: Am . . . | F/A . . . | D/A . . . | F/A . . . :||
4. ||: Am . .  . |C/A . . . | D/A . . . | F/A . . . :||
5. ||: Am . . . | D/A .          . . | D/A . . . | F/A . . . :||  

b. Chord Progression (Affirmation/Praise & Thanksgiving)

Mayor:
1. ||: C . . . | F . . . | Dm7 . . . | Gsus . . (G) :||
2. ||: C . . . | Am7 . . . | Dm7 . . . | Gsus . . (G) :||
3. ||: C . . . | Em7 . . . | F . . . | Gsus . . (G) :||
4. ||: C . . . | G . . . | F . . . | Gsus . . (G) :||
5. ||: C . . . | Em7 . . . | Dm7 . . . | G11 . . (G) :||

Minor:
1. ||: Am . . . | Em7 . . . |F . . . | Dm7 . . (Em) :||
2. ||: Am . . . |C . . . |G . . . | F . . (G) :||
3. ||: Am . . . | F . . . | G . . . | Dm7 . . (Em7) :||
4. ||: Dm . . . | Dm . . . | Am . . . | Am . . . :||

c. Diatonic Chord Progression (Narative/Encouragement, Guidance, etc)

Mayor:
1. ||: C . . . | Dm7 . . . | C/E . . . | F . . (G) :||
2. ||: C . . . | G/B . . . | F/A . . . | Gsus . . (G) :||

Minor:
a. ||: Am . . . | G . . . | F . . . | Esus . . E7/G#:||
b. ||: Am . . . | G/B . . . | C . . . | D7 . . (G):||

Tidak ada komentar: